Minggu, 31 Desember 2017

Pengertian Entity Relationship Diagram (ERD) Menurut Para Ahli dan Daftar Pustaka

Entity Relationship Diagram (ERD) menjadi salah satu pemodelan data konseptual yang paling sering digunakan dalam proses pengembangan basis data bertipe relasional. Model E-R sering digunakan sebagai sarana komunikasi antara perancang basis data dan pengguna sistem selama tahap analisis dari proses pengembangan basis data dalam kerangka pengembangan sistem informasi secara utuh.
Menurut Whitten et al (2009:281) “ERD adalah model data yang menggunakan beberapa notasi untuk menggambarkan data dalam konteks entitas dan hubungan yang dideskripsikan oleh data tersebut”.
          Sedangkan menurut Yanto (2016:32) “ERD adalah suatu diagram untuk menggambarkan desain konseptual dari model konseptual suatu basis data relasional”. ERD juga merupakan gambaran yang merealisasikan antara objek yang satu dengan objek yang lain dari objek di dunia nyata yang sering dikenal dengan hubungan antar entitas.

Daftar Pustaka:
Whitten, Jeffery L., Lonnie D. Bentley dan Kevin C. Dittman. 2009. Metode Desain & Analisis Sistem Edisi 6. Yogyakarta: Andi.


Yanto, Robi. 2016. Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deepublish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Kamus Data dan Daftar Pustaka

    Menururt Sukamto dan Shalahuddin (2013:73) Kamus data (data dictionary) dipergunakan untuk memperjelas aliran data yang digambarkan pad...