Minggu, 31 Desember 2017

Pengertian Kamus Data dan Daftar Pustaka

    Menururt Sukamto dan Shalahuddin (2013:73) Kamus data (data dictionary) dipergunakan untuk memperjelas aliran data yang digambarkan pada DFD. Kamus data adalah kumpulan daftar elemen data yang mengalir pada sistem perangkat lunak sehingga masukan (input) dan keluaran (output) dapat dipahami secara umum (memiliki standar cara penulisan). Kamus data dalam implementasi program dpat menjadi parameter masukan dan keluaran dari sebuah fungsi atau prosedur. Kamus data biasanya berisi:
  • Nama-nama dari data
  • Digunakan pada – merupakan proses-proses yang terkait data
  • Deskripsi – merupakan deskripsi data
  • Informasi tambahan – seperti tipe data, nilai data, batas nilai data, dan komponen yang membentuk data

Kamus data memiliki beberapa symbol untuk menjelaskan informasi tambahan sebagai berikut:



Kamus data pada DFD nanti harus dapat dipetakan dengan hasil perancangan basis data yang dilakukan sebelumnya. Jika ada kamus data yang tidak dapat dipertakan pada tabel hasil perancangan basis data berarti hasil perancangan basis data dengan perancangan denganDFD masih belum selesai, sehingga harus ada yang diperbaiki baik perancangan basis datanya, perancangan DFD-nya, atau keduanya.

Daftar Pustaka:

Sukamto, Rosa Aryani,  dan M.Salahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung:Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Kamus Data dan Daftar Pustaka

    Menururt Sukamto dan Shalahuddin (2013:73) Kamus data (data dictionary) dipergunakan untuk memperjelas aliran data yang digambarkan pad...