Minggu, 31 Desember 2017

Pengertian Basis Data Menurut Para Ahli dan Daftar Pustaka

         Basis data terdiri atas 2 kata, yaitu Basis dan data. Basis kurang lebih dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpul. Sedangkan Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya yang terekam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasi lainnya. (Fathansyah, 2012:2).

      Sedangkan menurut Sukamto dan Shalahuddin (2013:43) Sistem basis data adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan. Pada intinya basis data adalah media untuk menyimpan data agar dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Daftar Pustaka:

Fathansyah. 2012. Buku teks Komputer Basis Data (Edisi Revisi). Bandung: Informatika Bandung.

Sukamto, Rosa Aryani,  dan M.Salahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan                               Berorientasi Objek. Bandung:Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Kamus Data dan Daftar Pustaka

    Menururt Sukamto dan Shalahuddin (2013:73) Kamus data (data dictionary) dipergunakan untuk memperjelas aliran data yang digambarkan pad...